We Have a Ghost (Source IMDB)
Review We Have a Ghost: Jim Hopper Jadi Hantu Ala Casper

Netflix Original Movie kembali mempersembahkan film terbarunya berjudul We Have A Ghost. Tayang sejak 24 Februari 2023 film ini mengangkat genre supranatural horror comedy dengan aktor-aktor terkenal yang mengisi jajaran castnya. Beberapa diantaranya adalah David Harbour, Jahi Winston dan Anthony Mackie.

 

Film ini sendiri ditulis dan disutradarai oleh Christopher Landon. Sebelumnya, Landon lebih dikenal akan film Happy Death Day (2014) dan Paranormal Activity 2 (2010), membuat We Have A Ghost terlihat kontras secara tone. Adapun We Have A Ghost adalah hasil adaptasi  film pendek pada tahun 2017 berjudul “Ernest” karya Geoff Manaugh yang merupakan film petualangan keluarga.

 

We Have a Ghost menceritakan Kevin (Jahi Winston) yang baru saja pindah ke rumah baru di pinggiran kota Chicago dan tidak terlalu senang karenanya. Rumah tersebut dalam kondisi rusak parah, ditumbuhi tanaman dan terlihat angker. Saat malam hari, Kevin mendengar suara di loteng. Penasaran, ia kemudian mengecek sumber suara tersebut sambil merekam dengan ponselnya.

 

We Have a Ghost (Source IMDB)

We Have a Ghost (Source IMDB)

 

Tidak disangka oleh Kevin, apa yang ia temukan adalah hantu di loteng rumah barunya. Seperti hantu pada umumnya, makhluk halus itu langsung mencoba menakut-nakuti Kevin agar meninggalkan rumahnya. Alih-alih takut, Kevin malah ketawa denganm aksi si hantu yang belakangan diketahui bernama Ernest (David Harbour). Kesal melihat Kevin tidak takut, Ernest pun mutung dan kabur. 

 

Video Ernest ketahuan oleh ayah Kevin, Frank, diperankan oleh Anthony Mackie. Kesulitan uang karena terjebak skema ponzi, Frank berusaha mengunggah video hantu Ernest ke Youtube untuk menggaet ads. Sesuai tebakannya, video Ernest viral dan berbagai tawaran komersil pun mulai berdatangan. Semua ingin bertemu dengan Ernest. 

 

Gawatnya, kehadiran Ernest sampai ke telinga CIA juga. Percaya Ernest bisa menjadi senjata berbahaya, mereka mencoba menangkapnya. Tinggal Kevin saja harapan Ernest untuk melindunginya sekaligus mengungkap asal usulnya.  Ernest tidak pernah tahu kenapa dia bisa berakhir di rumah Kevin. 

 

We Have a Ghost (Source IMDB)

We Have a Ghost (Source IMDB)

 

Bisa dilihat dari sinopsisnya, We Have A Ghost memiliki plot yang sederhana. Pada bagian awal film ceritanya terkesan biasa saja, memasuki bagian pertengahan mulai menunjukkan cerita yang fun, dan di bagian akhir ditutup dengan kesan yang menyentuh. Hal ini dikarenakan kisah persahabatan antara Kevin dan Ernest  disusun dengan epic. Chemistry diantara keduanya sangat ciamik sehingga dapat mengambil simpatik terhadap karakternya.

 

Akting David Harbour sebagai Ernest juga tak jarang menimbulkan gelak tawa. Nyaris tidak mengeluarkan dialog apapun sepanjang film, David Harbour lebih banyak berdialog menggunakan gestur tubuh dan ekspresi. Hasilnya, di luar dugaan, menghibur dan menjadikan Ernest sebagai hantu yang unik. 

 

Dalam hal cerita, sesuai dugaan, biasa-biasa saja walaupun tidak bisa dikatakan jelek. Tidak ada bagian yang benar-benar special.  Bagian konflik yang berhubungan dengan CIA pun terasa berlebihan dan tidak jelas. Banyak scene yang sebaiknya tidak perlu ditampilkan.

 

Pada akhirnya, dibanding film-film Landon sebelumnya, We Have A Ghost bukanlah film yang spesial. Walau begitu, film ini tetaplah horror comedy yang menarik dan sedikit banyak mengingatkan dengan Casper, The Friendly Ghost. 

 

Bagikan:

Anda Juga Mungkin Suka

Leave a Comment